Sistem Referensi Geospasial Indonesia

Konsorsium Gayaberat Indonesia (KGI)

Konsorsium Gayaberat Indonesia (KGI) didirikan pada tanggal 5 Juni 2017 sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Informasi Geospasial nomor 17 tahun 2017. KGI merupakan wadah dan perpanjangan dari International Association of Geodesy (IAG) dan International Gravity Field Service (IGFS) di Indonesia yang melayani komunitas ilmiah di bidang geodesi dan geofisika dalam pengumpulan, penyediaan akses, berbagai pakai data, perangkat lunak, dan diseminasi informasi terkait bidang Gayaberat di Indonesia dan luar negeri.

Tugas Konsorsium Gayaberat Indonesia meliputi penyusunan rancangan standar penyelenggaraan data Gayaberat yang terdiri dari pengumpulan, pengolahan, penyajian, pengelolaan, pemutakhiran, penyebarluasan, berbagi pakai, dan bertukar guna data Gayaberat serta memfasilitasi pengembangan ilmu pengetahuan dan sumber daya terkait Gayaberat.

Konsorsium Gayaberat Indonesia terdiri dari lembaga Pemerintah kementerian/ non Kementerian, BUMN, dan Perguruan Tinggi. Konsorsium Gayaberat Indonesia dan Sekretariatnya dalam melaksanakan tugas bertanggung jawab kepada Kepala Badan Informasi Geospasial.

Alamat Portal KGI :  http://kgi.big.go.id