Sistem Referensi Geospasial Indonesia

Peluncuran Video Tutorial Layanan Data RINEX dan Layanan NRTK

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan data produk geospasial yang diberikan kepada masyarakat, Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika (PJKGG), Badan Informasi Geospasial (BIG) meluncurkan media layanan publik yang terbaru kepada publik, yaitu Video Tutorial Layanan Data RINEX dan Layanan NRTK Stasiun Ina-CORS.

Stasiun Ina-CORS atau Indonesia Continuously Operating Reference Station adalah stasiun permanen di permukaan bumi yang dapat menerima sinyal dari satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) secara terus-menerus selama 24 jam setiap hari sehingga dapat memberikan layanan koreksi posisi pada penggunanya untuk berbagai keperluan pemetaan.

Data yang dihasilkan dari setiap Ina-CORS tersebut kemudian didistribusikan oleh BIG kepada pengguna melalui beberapa layanan, baik secara real time melalui layanan koreksi RTK NTRIP maupun dengan cara distribusi data RINEX bagi pengguna yang ingin melakukan pengolahan data mandiri secara post processing. BIG juga menyediakan layanan online post processing berbasis web bagi masyarakat yang membutuhkan pengolahan data post processing secara cepat. Seluruh layanan ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan data Ina-CORS untuk program pemetaaan nasional di seluruh Indonesia.

Tata cara penggunaan masing-masing layanan dari Ina-CORS tersebut dapat dilihat lebih lanjut melalui video tutorial sebagai berikut :
1. Tutorial untuk layanan Unduh Data RINEX Ina-CORS dapat dilihat di sini.
2. Tutorial untuk layanan NRTK dan online post processing dapat dilihat di sini.