Sistem Referensi Geospasial Indonesia

Layanan Unduh RINEX - Sameday Service

 

Layanan Unduh RINEX Ina-CORS mandiri (self service) telah dirilis pada 16 Februari 2021. Pengguna dapat mengunduh data pada H+1 dari waktu pengamatan. Sebelumnya, layanan data RINEX telah dimulai pada tahun 2014 secara manual melalui email info@big.go.id dengan melibatkan tim teknis PJKGG dan Balai Layanan Produk dan Jasa Geospasial. User mengajukan permohonan data RINEX melalui email yang dikelola Balai Layanan dan menunggu data disiapkan oleh tim pelayanan dan tim PJKGG. Mulai tahun 2019, tahap persiapan data diubah menjadi semi otomatis dengan mengurangi peran manusia dalam melakukan persiapan data secara manual sehingga waktu layanan menjadi lebih efisien.

Dalam rangka meningkatkan performa layanan Unduh RINEx Ina-CORS, per Oktober 2022 data RINEX Ina-CORS dapat diperoleh di hari yang sama dengan waktu tunggu J+1 (sameday service), dibandingkan sebelumnya memiliki waktu tunggu H+1 dari pengamatan (netday service).

Sehubungan dengan tidak tersedianya jaringan komunikasi internet dan atau keterbatasan kapasitas receiver GNSS di beberapa lokasi, maka layanan unduh RINEX di hari yang sama belum bisa diterapkan di beberapa stasiun. Stasiun tersebut adalah CBON, CDAI, CPBI, CPBR, CTOA, CUJK, CUJG, CLGI, CSBK, CTCN, CIBU, CING, CBNG, CENG, CRAT, CUBN, CPET, CMAG, CPAI, CSIT, dan CTBN.

Ketersediaan data per jam akan sangat tergantung dengan kelancaran jaringan internet di lokasi stasiun dalam mengirimkan data. Semisal data per jam tidak tersedia, data harian tetap akan tersedia di hari berikutnya.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Semoga BIG dapat selalu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Atas kesediaan dan waktunya mengisi testimoni tersebut, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Tim Layanan Unduh Rinex BIG