Penentuan Layanan Ina-CORS

Penentuan Layanan Ina-CORS

Penentuan layanan Ina-CORS merupakan layanan dari website SRGI yang bertujuan memberikan informasi terkait cakupan wilayah CORS beserta jenis layanan koreksi yang dapat diberikan berdasarkan posisi pengguna. Pengguna dapat memilah jenis layanan koreksi yang dapat dimanfaatkan, bergantung dengan kebutuhan dan tujuan kegiatan.

BIG selaku penyelenggara SRGI2013 telah membangun 397 stasiun CORS terhitung sampai akhir tahun 2022. Keberadaan stasiun CORS tersebut akan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam hal layanan penentuan posisi seketika (real-time) maupun post processing. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna adalah informasi aktual yang bisa didapatkan terkait wilayah yang dapat melayani secara real-time maupun post processing dan wilayah yang hanya melayani post processing. Untuk mengelompokkan wilayah tersebut maka dilakukan proses buffer dari setiap stasiun CORS dan pembentukan cluster network CORS berdasarkan jenis layanan koreksi. Buffer dan cluster antar CORS akan membuat perpotongan wilayah dan memberikan kejelasan informasi layanan yang tersedia di area tertentu.

Terdapat klasifikasi dari layanan koreksi yang akan tertera pada suatu wilayah bergantung kepada jumlah CORS yang tersedia di sekitar, semakin rapat jarak antar CORS maka layanan koreksi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna akan semakin lengkap. Adapun klasifikasi dari layanan koreksi tersebut diantaranya adalah :

  1. Network RTK (Max, i-Max, VRS) yang berada dalam cluster network dengan jarak buffer dari CORS adalah 0-50 km rinciannya sebagai berikut
    • Network RTK untuk layanan ketelitian optimal jarak 0-30 km

    • Networtk RTK untuk layanan ketelitian medium jarak 30-50 km

  1. Single Base RTK (Nearest) yang berada dalam cluster network dengan jarak buffer dari CORS adalah 0-50 km rinciannya sebagai berikut
    • Single Base RTK untuk layanan ketelitian optimal jarak 0-30 km

    • Single Base RTK untuk layanan ketelitian medium jarak 30-50 km

  1. Online Post Processing dimana cakupan dari layanan ini adalah buffer 0-80 km dari CORS
  2. Layanan unduh rinex untuk seluruh area Indonesia, dimana pengguna akan mengunduh data rinex sesuai kebutuhan dan melakukan pengolahan untuk mendapatkan koordinat teliti

 

 

Sebagai contoh seorang pengguna berada pada jarak 75 km dari CORS terdekat dan tidak berada dalam cluster network maka layanan yang dapat dia gunakan adalah Online Post Processing dan Layanan Unduh Rinex untuk mendapatkan koordinat teliti.

Harapannya dengan mengetahui layanan yang tersedia, pengguna akan mendapatkan koordinat teliti di seluruh wilayah Indonesia.

 

Kontak

Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika
Badan Informasi Geospasial
JL. Raya Jakarta - Bogor KM 46, Cibinong 16911
Tlp. 021-8753155 atau 021-8752062 ext. 3608/3611/3103
Fax. 021-87908988/8753155
Email. srgi@big.go.id